Rabu, 11 Mei 2011

RAHASIA MEMBUAT HIDUP BAHAGIA

1. Tidak akan ada yang sama jika Anda tidak ada, semua tempat yang Anda kunjungi dan setiap orang yang Anda temui, akan berbeda tanpa adanya Anda. Kita semua terhubung satu sama lain. Dan kita semua terpengaruh oleh berbagai keputusan dan keberadaan orang-orang yang ada disekitar kita.

2. Kita beranggapan bahawa orang-orang bahagia dan tidak bahagia, sudah ditentukan sejak lahir. Namun sesungguhnya, dua macam manusia ini melakukan dua hal yang berbeda. Orang-orang bahagia membiarkan diri mereka bahagia, sedangkan orang-orang yang tidak bahagia, secara sadar atau tidak, terus melakukan hal-hal yang mengesalkan dan menggelisahkan diri mereka.

3. Perasaan "puas" dan "tidak puas" tergantung cara kita mengukurnya. Jika kita membandingkan diri dengan orang yang berlebihan, kita akan merasa buruk, tapi saat kita membandingkan dengan orang yang kekurangan, maka kita akan merasas bersyukur.

4. Cobalah untuk memikirkan apa yang Anda senangi saat berbaring tidur. Jika pikiran-pikiran yang lain mulai mengganggu, bawa pikiran Anda kembali pada satu hal yang Anda senangi itu.

5. Orang yang bahagia tidak memperoleh segala sesuatu yang mereka inginkan, tetapi mereka sepertinya hanya menginginkan apa yang bisa mereka dapatkan. Orang-orang yang merasa tidak puas dalam hidupnya, seringkali membuat cita-cita yang "tidak dapat mereka jangkau". Pada akhirnya, mereka sendirilah yang membuat dirinya gagal. Orang yang mengejar cita-cita yang tinggi ternyata tidak lebih bahagia dari orang-orang yang berusaha mencapai cita-cita yang lebih sederhana.

6. Dunia akan selalu berubah, jadi jangan pernah berhenti belajar dan bradaptasi. jangan membatasi diri pada apa yang sudah Anda ketahui dan apa yang sebelumnya membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda berpikiran seperti itu, maka semakin usia Anda bertambah, Anda akan semakin frustasi dengan perubahan di sekeliling Anda.

7. Hubungan dibangun atas dasar penghargaan satu sama lain, dan tiada cara yang lebih baik dalam menunjukkan penghargaan selain mengatakan kepada orang lain betapa Anda menyayangi mereka.

8. Janganlah Anda menilai diri sendiri rendah, Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, Anda tidak akan mampu berbuat apapun.

9. Orang-orang berusia lanjut sama bahagianya dengan orang-orang yang lebih muda. ketika mereka haruis menyesuaikan diri terhadap usianya, banyak dari mereka yang menemukan ketenangan batin dalam hidupnya.

10. Tak seorangpun menginginkan orang-orang yang mereka kasihi celaka. namun, kita harus membiarkan mereka manjalani hidupnya. manghabiskan waktu kita dengan terus-menerus cemas dan mencoba mencegah mereka mengejakan hal-hal yangmereka inginkan hanya akan merugikan kita, dan membuat kita terus didera kekhawatiran.

11. Kita sering lupa untuk memikirkan kembali dimana kita memulai segala sesuatu dan dimana kita sekarang berada. kecenderungan manusia adalah selalumenginginkan lebih. Berikut ini adalah satu pendekatan sayang lebih baik. " Ingatlah dimana Anda memulainya dan syukurilah betapa banyak hal yang telah Anda lakukan untuk kebahagiaan orang lain "

12. Agama dapat menunjukkan jalan bagi kita, didunia ini, dimana hal-hal buruk terjadi. Agama dapat mengajarkan banyak hal yang kita lihat sedemikian kompleksnya sehingga tak dapat kita pahami. Agama juga mampu menjelaskan bagaimana itu terjadi.

13. Fokuslah pada apa yang Anda ucapkan dan milikilah komitmen untuk melakukan apa yang telah Anda katakan dan janjikan.

14. Menghabiskan waktu untuk membayangkan apa yang terjadi jika Anda mengubah keputusan-keputusan kecil yang telah terjadi dalam hidup Anda dalah tidak baik. hal itu hanya akan membuat Anda merasa tidak bahagia. Pikirkan bagaimana Anda dapat memperbaiki diri untuk masa depan. Nmaun, jangan sia-siakan waktu yang Anda miliki sekarang dengan memikirkan bagaimana Anda mengubah masa lalu.

15. Yang penting bukanlah apa yang terjadi, tetapi bagaimana Anda memikirkan apa yang akan terjadi.

16. Minat yang sama dapat membuat kebersamaan dengan keluarga atau teman menjadi lebih menyenangkan. Minat yang sama memungkinkan Anda utnuk melihat bahwa ikatan-ikatan yang Anda miliki sesungguhnya jauh lebih mendalam.

17. janganmembiasakan diri memendam perasaan,, pikiran, dan harapan-harapan Anda. Bagikan dan sampaikan hal-hal tersebut pada teman-teman dan keluarga Anda. Orang-orang yang memendam perasaan akan cencerung merasa terisolasi, lalu percaya bahwa orang lain tidak memahami mereka. Mereka yangmau berbagi rasa akan merasa didukung dan merasa penuh, meskipun banyak kejadian tidak berjalan seperti harapan mereka.

18. Carilah sesuatu untuk dikerjakan, terlalu banyak yang kita kerjakan jauh lebih baik daripada merasa bosan karena tidak ada yang bisa kita kerjakan.

19. Orang-orang yang merasa puas akan mensyukuri segala sesuatu yang mereka miliki dalam hidup ini dan tidak membandingkan apa yang ia miliki dengan milik orang lain. Jika Anda menghargai apa yang Anda miliki lebih dari apa yang tidak dapat Anda miliki, maka Anda akan mencapai kebahagiaan yang lebih besar.

20. Terkadang hari-hari begitu saja tanpa sesuatu mencul dalam pikiran Anda, tanpa perubahan nyata apapun. Betapapun kecilnya usaha Anda, pastikanlah bahwa setiap hari Anda mengerjakan sesuatu demi mewujudkan mimpi Anda.

21. Kita perlu memdukung diri kita sendiri, demi mencapai keyakinan diri yang kuat dan teguh. Bersiaplah mengangkat diri Anda sendiri, saat Anda merasa terpuruk, dan kita tidak perlu menunggu orang lain untuk mengangkat kita.

22. Senyum Anda akan membuat orang lain bahagia. pada gilirannya, senyum Anda akan membuat Anda sendiri bahagia.

23. Bersikaplah ramah dan buat agar orang-orang merasa lebih mudah berurusan dengan Anda. Jangan mudah marah dan membuat kekacauan hanya karena Anda mampu melakukannya.

24. Setiap hari sisihkan sebagian waktu Anda utnuk bersenang-senang, bercanda dan tertawa.

25. Pikirkan saat-saat bahagia yang telah Anda alami bersama orang yang Anda sayangi. Ingatan akan kebahagiaan masa lalu dapat mendorong kebahagiaan bagi kita sekarang.

26. Terlalu banyak orang yang memilih cita-citanya berdasarkan apa yang dianggap baik oleh orang lain. Hindarilah hal itu, Pikirkanlah apa yang benar-benar Anda pedulikan dan tentukan cita-cita yang brmakna untuk mencapai hal-hal yang berarti hal-hal yang berarti bagi hidup Anda.

27. Yang terpenting bukanlah "Bisa atau Tidak bisa" dalam meraih atau melakukan sesuatu, tapi "Mau atau Tidak mau" kita meraihnya atau melakukannya. Kalaupun kita "Bisa", tetapi jikalau tidak ada "Kemauan", maka semua akan sia-sia dan mustahil akan tercapai.



sumber : Happy People - David Niven, Ph.D

Tidak ada komentar: